Manfaat dari Buah Jeruk untuk tubuh

Buah Jeruk
Buah Jeruk, Credit by Google
Manfaat dari Buah Jeruk untuk tubuh - Buah yang satu ini memang cukup fenomenal, dengan slogan jeruk kok makan jeruk dan setelah 20tahun lebih di PHPin , ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaatnya.

Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin dan mineral karena faktanya, dalam 100 gram bahan terdapat 30 - 50 mg vitamin C, manfaat dari buat jeruk bukan dari kandungan vitamin C nya saja masih banyak kandungan gizi yang belum kita ketahui lho... langsung aj deh, kita bahas.

Manfaat dari Buah Jeruk untuk tubuh

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat
    Menurut hasil riset ahli, konsumsi satu buah jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar trigliserida (jenis lemak dalam darah) sebesar 27% dan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 15,5%. Hal ini tidak lepas dari adanya senyawa pektin, hesperidin, serta bioflavonoid pada buah tersebut.
  2. Sangat baik bagi seorang wanita
    Adanya kandungan likopen dalam buah ini berkhasiat untuk mencegah munculnya penyakit kanker payudara. Sedangkan bagi ibu hamil, mikronutrisi asam folik dalam jeruk manis bermanfaat mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat dan mencegah terjadinya down syndrome.
  3. Membantu menurunkan berat badan
    Salah satu tugas senyawa bioflavonoid adalah mengatur proses pembakaran timbunan lemak secara kimiawi . Mengkonsumsi setengah buah jeruk sebelum makan selama 12 minggu terbukti ampuh membantu menurunkan bobot tubuh hingga 6 kg.
  4. Mengobati TBC sampai masuk angin
    Campuran air perasan jeruk manis, garam, dan madu bermanfaat sebagai obat herbal tuberculosis (TBC), asma, serta masuk angin.
  5. Menjaga kesehatan pencernaan
    Nilai serat yang terkandung pada 100 gram buah jeruk berkisar 1,4 gram. Ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi asupan serat harian. Efeknya, sistem pencernaan terjaga kesehatannya sekaligus mencegah penyakit jantung.
  6. Terbukti melawan sel kanker
    Berkat enzim GTS (Glutatione S-Transferase) yang berkombinasi dengan senyawa limonoida, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi sehingga karsinogen menjadi nertal. Efeknya, proses pembentukan sel kanker bisa dilawan.
  7. Mampu mencegah stroke
    Jika rajin memakan buah jeruk setiap hari, resiko terkena stroke akan turun hingga 19% berkat kemampuannya dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah.
  8. Memelihara kondisi tubuh
    Umumnya, buah-buahan dengan rasa manis sangat disukai anak-anak. Begitu pun dengan jeruk manis. Sering mengkonsumsi buah ini dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga buah hati tidak mudah terserang sakit.
  9. Manfaat kesehatan lainnya
    Membantu pembentukan sel kulit sehingga menghambat proses penuaan, mengobati pengerasan arteri secara berkala, meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan infeksi akibat bakteri, mengobati sakit demam, mengatasi rasa panas di perut, mengurangi tingkat keasaman darah, memperbaiki kualitas air seni, menyembuhkan wasir, serta menghilangkan batu empedu.

Meskipun tergolong buah-buahan yang murah dan mudah ditemukan, manfaat buah jeruk manis ternyata sangat mengagumkan. Hanya dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur, anda bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat, fit, dan bahkan mampu mencegah munculnya penyakit berbahaya. Mulai sekarang, jangan ragu untuk mengkonsumsi olahan jeruk manis atau memakannya secara langsung.

0 Response to "Manfaat dari Buah Jeruk untuk tubuh"

Post a Comment