Manfaat dari Buncis untuk kesehatan tubuh

Manfaat dari buncis untuk kesehatan tubuh - Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat

Buncis, Credit by Google
Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjang, manfaat kacang merah dan manfaat kedelai. Kandungan dan manfaat seperti apa sajakah yang menjadikan buncis penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buncis yang diperoleh dari kandungan gizinya  :
  • Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin makan akan semakin turun kadar gula darah.
  • Tinggi serat makanan yang relatif tinggi . Serat diet membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.
  • Sumber asam folat yang sangat baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat yang memadai pada ibu hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah satu tahun atau biasa dikenal baby bean.
  • Kaya dengan pitosterol, terutama ß-sitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mengandung vitamin K yang telah ditemukan memiliki peran dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Hal ini juga telah membatasi kerusakan saraf di otak.

Kandungan Gizi


Buncis adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Buncis mengandung energi sebesar 35 kilokalori, protein 2,4 gram, karbohidrat 7,7 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 65 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Buncis juga terkandung vitamin A sebanyak 630 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 19 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buncis, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 90 %.

nah, kalian sudah tau kan manfaat dari buncis untuk kesehatan tubuh? silahkan deh memasak buncis, mungkin kalian bisa membaca referensi Resep Cara membuat Oseng Buncis pedas gurih yang enak

0 Response to "Manfaat dari Buncis untuk kesehatan tubuh"

Post a Comment