Tips dan trik dalam membersihkan cumi cumi

Cumi-cumi menjadi salah satu hidangan seafood yang sangat lezat. Tak heran, banyak orang sangat menyukainya. Indonesia sendiri memang kaya akan hasil lautnya. Itulah mengapa, cumi-cumi sebagai salah satu hasil laut menjadi sumber inspirasi bahan masakan Indonesia.
cara membersihkan cumi cumi
Cumi - Cumi Credit by Google


Tapi tahukah Anda, bahwa tidak banyak orang yang tahu bagaimana membersihkan cumi-cumi dengan benar sebelum dimasak. Beberapa bahan masakan Indonesia ada yang menggunakan tinta cumi-cumi yang hitam beraroma untuk menghasilkan masakan yang enak. Namun, ada juga olahan masakan cumi-cumi yang tidak menggunakan warna hitam yang dihasilkan cumi-cumi ini. Beberapa orang ada yang menyukai cumi beserta telur cumi-cumi dan isi perutnya, namun sebagian lagi ada yang tidak menyukai karena amis.

Lalu bagaimana cara membersihkan cumi-cumi yang benar sehingga dapat diolah sebagai bahan masakan Indonesia yang lezat. Perlu Anda ingat, beberapa bagian cumi-cumi ada yang memang harus dibuang karena beberapa bagian tertentu dapat membuat masakan berwarna hitam dan amis. Ada juga beberapa bagian yang keras sehingga membuat cumi-cumi menjadi tak enak saat dikunyah.

Berikut ini adalah tips dalam membersihkan cumi-cumi :

  1. Pertama-tama, Anda harus memegang kuat ekornya, lalu tarik bagian kepalanya secara horizontal, Secara otomatis, tinta hitam pada cumi juga akan ikut keluar. Namun, bagi mereka yang akan menggunakan tinta hitam ini dapat memotongnya tepat didekat kantung hitam tersebut layaknya pembuluh darah.
  2. Potong tentakel tepat dibagian mulut, sebelum matanya, sehingga tentakel tetap utuh dan Anda bisa mengambil bagian keras di dalam mulutnya.
  3. Bagian tubuh cumi-cumi dilengkapi dengan tulang yang nampak transparan seperti plastik. Jangan lupa untuk mengeluarkan tulang ini dari dalam badan cumi.
  4. Berikutnya, Anda akan mendapati cumi-cumi Anda berselimut lapisan ungu berbintik-bintik. Lapisan ini juga harus dibersihkan. Untuk mendapatkan cumi yang putih bersih, Anda harus mengelupas lapisan ini. Temukan ujungnya yang sudah mengelupas dengan sendirinya, kemudian tarik perlahan ke seluruh badan cumi.
  5. Selanjutnya, cuci bersih cumi dengan air mengalir sambil dibersihkan bagian dalamnya. Buang semua isi perut yang tersisa kotoran sehingga Anda mendapatkan cumi-cumi yang bersih.
Nah, sekarang, cumi-cumi sudah siap diolah sebagai bahan masakan Indonesia yang lezat. Selamat mengkreasikan makanan laut favorit Anda!

Jika kalian mempunyai resep masakan andalan keluarga ataupun tips dan trik dalam memasak, mengolah dan sebagainya, kalian dapat mengirimkannya kepada admin blog maniak makan melalui email.

Happy Cooking,


Salam Admin

0 Response to "Tips dan trik dalam membersihkan cumi cumi"

Post a Comment