Tips memilih ikan yang baik untuk membuat bakso ikan

Selamat pagi pembaca setia blog maniak makan, kali ini saya akan memberikan tips dalam memilih ikan untuk membuat bakso ikan. bakso ikan memang gak sepopuler bakso daging sapi yang banyak dijual di pinggiran jalan. akan tetapi bakso ikan gak kalah bergizi lho karena kandungan gizi yang di dapat dari daging ikannya cukup tinggi.

Bakso ikan adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam aneka resep masakan Nusantara. Resep masakan Nusantara berupa sup dan aneka hidangan berkuah biasanya paling cocok dipadukan dengan bakso ikan. Bila Anda memiliki waktu senggang di rumah, tak ada salahnya mencoba membuat bakso ikan sendiri, karena Anda bisa menambahkan komposisi ikan lebih banyak sehingga rasa bakso yang dihasilkan jadi lebih gurih.
Cara memilih ikan yang baik
Tips memilih daging ikan Credit by Google

Berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membuat bakso ikan sendiri. Karakteristik Daging Ikan Ikan yang cocok diolah menjadi bakso adalah ikan yang durinya tidak menyebar sehingga seluruh duri-durinya lebih mudah disisihkan. Contoh ikan yang durinya menyebar ke seluruh bagian daging adalah ikan bandeng. Oleh karena itu, ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang tak cocok diolah jadi bakso sebab durinya sulit disisihkan.

Sebaiknya, Anda memilih ikan yang bagian dagingnya tebal dengan duri yang berkumpul di bagian tengah. Memilih Ikan yang Segar Ikan yang segar adalah kunci kelezatan bakso ikan. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan ikan segar, pilihlah ikan yang teksturnya masih kenyal dengan aroma yang tidak menusuk. Sedangkan bila Anda ingin menggunakan ikan fillet yang sudah dibekukan, sebaiknya gunakan ikan fillet dalam keadaan dingin agar tekstur bakso yang digunakan jadi lebih kenyal. Ikan yang sudah difillet biasanya lebih mudah diolah menjadi bakso ikan karena sudah tak mengandung duri dan tinggal dicampurkan dengan bahan-bahan pelengkap bakso lainnya.

Jenis Ikan yang Tepat Hampir semua jenis ikan bisa digunakan untuk membuat bakso ikan, asalkan tidak memiliki duri-duri yang menyebar. Bila Anda ingin membuat bakso menggunakan ikan yang agak mahal, Anda bisa memilih ikan marlin, ikan tenggiri, kakap, kerapu atau ikan nila. Jenis ikan tersebut memiliki daging yang tebal dan mudah dipisahkan dari durinya. Sedangkan bila Anda ingin membuat bakso ikan yang lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan jenis ikan kecil seperti ikan kembung, ikan kacang-kacang, ikan kurisi atau ikan gulama. Beberapa jenis ikan tersebut cocok dijadikan bahan baku bakso yang akan dijual kembali.

Mengolah ikan menjadi bakso memang tak sulit. Selain bisa mengolahnya menjadi aneka resep masakan Nusantara, kini Anda bisa belajar membuat bakso ikan yang lezat dan tahan lama saat disimpan.

Begitulah tips dan trik dalam memilih daging ikan yang baik untuk membuat bakso, anda juga bisa melihat tips lain nya yang sudah admin berikan. (baca: tips dan trik membersihkan cumi)

Jika kalian mempunyai tips dan trik lainnya dan menurut anda bermanfaat untuk orang banyak terutama pengunjung blog maniak makan, kalian boleh kok mengirimkannya ke admin blog maniak makan melalui email.

0 Response to "Tips memilih ikan yang baik untuk membuat bakso ikan"

Post a Comment