Cara membuat Fillet dari daging ikan

Cara membuat Fillet dari daging ikan - Selamat sore para pembaca maniak makan, pada beberapa hari yang lalu saya sudah memberikan tips memilih ikan yang segar itu mudah, mengenal karakteristik daging ikan dan kali ini saya akan memberikan tips cara membuat fillet dari daging ikan.
cara membuat daging fillet
Fillet daging Ikan Credit by Bango

Banyak orang yang menggemari ikan fillet dengan alasan lebih praktis ketika dikonsumsi. Ikan fillet memang lebih praktis untuk disantap bila dibandingkan dengan ikan yang masih utuh. Anda jadi tak perlu repot-repot menyisihkan daging ikan dari tulangnya ketika menyantap ikan fillet. Tak heran bila banyak resep makanan Indonesia yang diolah dengan bahan dasar ikan fillet.( Baca : cara membuat bandeng kuah pindang, Cara membuat gurame asem manis )

Beberapa resep makanan Indonesia yang cocok menggunakan bahan dasar ikan fillet yaitu ikan rica-rica, ikan goreng asam manis, dan sup ikan batam. Bagaimana langkah-langkah membuat ikan fillet untuk diolah menjadi aneka resep makanan Indonesia? Simak step by step-nya berikut, yuk!

Membuang Isi Perut Ikan Isi perut ikan biasanya terdiri dari organ-organ dalam, darah, lemak dan kotoran. Oleh sebab itu, bagian isi perut ikan harus dibuang dan dibersihkan sebelum Anda mencuci ikan dan melanjutkan proses pembuatan fillet ke tahap selanjutnya.

langkah selanjutnya adalah mencuci ikan hingga bersih. Agar lebih bersih dan aroma amisnya hilang, Anda bisa mencuci ikan di air yang mengalir. Lakukan berulang-ulang hingga sisa-sisa kotoran dan darah yang masih menempel pada ikan segera hilang.

Memotong Kepala Ikan, Kepala ikan merupakan bagian yang tidak terpakai dalam olahan ikan fillet. Oleh karena itu, Anda bisa memotong dan menyisihkan bagian kepala ikan agar proses pengambilan daging ikan bisa berjalan dengan mudah. Kepala ikan yang berukuran besar bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu ikan atau gulai kepala ikan.

Memfillet Ikan Setelah ketiga langkah di atas sudah dilakukan, tahapan terakhir yang merupakan tahapan paling penting adalah memfillet ikan. Memfillet ikan dilakukan dengan cara membelah ikan dari pangkal ekor, terus mengarah ke punggung hingga ke bagian batas kepala. Agar ikan fillet bentuknya sempurna, sebaiknya Anda menggunakan pisau yang tajam untuk memfillet. Ikan yang berukuran besar dan tebal biasanya lebih mudah difillet daripada ikan yang berukuran tipis dan kecil.

Sekarang, Anda bisa mempraktikkan langkah-langkah membuat ikan fillet tersebut di rumah, kan. Ikan fillet buatan Anda tentu lebih segar daripada ikan fillet beku yang ada di supermarket, sehingga resep makanan Indonesia yang Anda buat akan terasa lebih lezat.

0 Response to "Cara membuat Fillet dari daging ikan"

Post a Comment