Tips cara menghaluskan bumbu atau rempah dengan blender

Tips menghaluskan bumbu dengan blender - Bumbu atau rempah - rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, lada , ketumbar dan lain sebagainya merupakan cita rasa yang khas dari masakan indonesia yang sudah mendunia.

Biasanya, berbagai bumbu yang berasal dari bahan baku asli cara buatnya  ditumbuk sampai halus menggunakan cobek atau lumpung sehingga menimbulkan cita rasa yang khas dan lebih harum. akan tetapi dengan semakin berkembanganya dunia teknologi, proses penghalusan bumbu kini bisa dilakukan dengan menggunakan blender.
 
Tak sedikit orang yang menyatakan bahwa bumbu dan rempah sebaiknya dihaluskan menggunakan cobek atau lumpang. Menurut mereka, bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender tidak akan memiliki cita rasa yang selezat bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan cobek atau lumpang. Hal ini disebabkan karena bumbu dan rempah yang ditumbuk akan mengeluarkan minyak alaminya, sehingga menambah aroma dan rasa bumbu halus. Hal ini tidak terjadi bila bumbu dan rempah dihaluskan menggunakan blender.
tips menghaluskan bumbu dengan blender
Bumbu Masakan

Tapi tentu saja, kita  mungkin tak selalu punya waktu untuk menghaluskan bumbu menggunakan cobek. Penggunaan blender akan sangat membantu menghemat waktu dan tenag.  Lalu bagaimana caranya agar bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender memiliki cita rasa yang sama dengan bumbu yang dihaluskan dengan cobek?

Simak beberapa tipsnya cara menghaluskan bumbu dengan blender berikut ini:

  1. Agar bumbu halus dengan lebih merata, dahulukan bumbu dan rempah yang bertekstur keras dan berserat, misalnya serai, lengkuas, ketumbar, dll. Setelah itu bumbu dan rempah tersebut mulai halus, baru masukkan bumbu lain seperti cabai, serta bumbu yang mengandung air seperti bawang merah. Terakhir, masukkan bumbu yang mudah dihaluskan seperti terasi, air asam, dll.
  1. Sebelum dihaluskan, tumis dulu bumbu dan rempah hingga agak layu. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan aroma dan rasa bumbu dan rempah, sehingga bumbu yang dihaluskan dengan blender akan lebih lezat. Selain itu, cara ini juga membantu menghilangkan bau mentah dari bumbu halus.
  1. Sebelum dihaluskan, memarkan dulu bumbu dan rempah, sehingga minyak alami dari bumbu dari rempah akan keluar untuk menambah aroma dan cita rasa bumbu halus.
  1. Tambahkan sedikit minyak goreng pada bumbu dan rempah yang akan diblender. Moms juga bisa menggunakan minyak goreng yang digunakan untuk menumis bumbu dan rempah sebelum dihaluskan. Minyak goreng akan membantu mengeluarkan cita rasa bumbu dan rempah, sekaligus berfungsi sebagai pengawet pada bumbu halus. Itu sebabnya penambahan minyak goreng juga perlu dilakukan saat Moms membuat bumbu halus dalam jumlah besar untuk disimpan dalam kulkas.
  1. Pastikan blender telah benar-benar bersih dan bebas dari sisa serta aroma bahan makanan yang Moms haluskan sebelumnya. Bahkan aroma bahan makanan yang masih menempel pada blender pun bisa mengubah aroma bumbu yang Moms haluskan dengan blender.

Sudah selesai ya tips cara menghaluskan bumbu atau rempah dengan blender, teknologi diciptakan untuk membantu kita dalam mempermudah proses sebuah pekerjaan ya. Jadi gak ada salahnya dong menggunakan teknologi untuk mempermudah proses memasak.

Kalau kalian yang mempunyai banyak waktu untuk menghaluskan bumbu masakan, kalian dapat melakukannya secara tradisional dengan peralatan tradisional juga pastinya, heheheh... Tapi kalaukalian gak mempunyai banyak waktu atau  akan membuat bumbu halus dalam jumlah besar, penggunaan blender atau food processor akan sangat membantu lho. Tentu saja, agar kualitas dan cita rasa bumbu halus tetap terjaga, kalian dapat mengikuti tips-tips di atas. Sajian yang akan disiapkan pun akan tetap lezat walaupun menggunakan bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender.

Jika kalian mempunyai resep masasakan andalan keluarga, atau tips seputar memasak, mengolah dan sebagainya, kalian boleh kok mengirimkannya via email ke admin blog maniak makan.

salam admin

0 Response to "Tips cara menghaluskan bumbu atau rempah dengan blender"

Post a Comment