Cara mudah mengenali Ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin

Cara mudah mengenali Ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin - kesegaran bahan makanan yang digunakan dalam sajian bukan cuma penting demi menjamin cita rasa lezat pada sajian tersebut, tapi juga keamanan kesehatan para penikmat santapan itu sendiri. Sayangnya, tidak sedikit pedagang nakal yang mencoba mengambil keuntungan dengan menjual bahan makanan yang tidak segar. Salah satu bahan makanan yang sering ‘diakali’ agar tampak seperti bahan segar adalah daging ayam. 
cara mengenali daging ayam segar
Cara memilih Daging ayam Credit by royco


Pada saat Lebaran dan hari raya lainnya, permintaan pasar akan bahan makanan memang semakin meningkat. Saat seperti ini, kita harus ekstra hati-hati dalam membeli daging ayam segar, terutama karena kita harus cermat memilih daging ayam yang masih segar di antara ayam tiren atau ayam berformalin yang dijual oleh pedagang yang nakal. 

nah, sebagai bahan referensi kali ini, saya akan memberikan sedikit tips cara mengenali daging ayam suntik, ayam tiren atau ayam berformalin agar kita bisa menghindari kejahatan  dari para oknum nakal.

Ciri-ciri ayam tiren, ayam suntik, dan ayam berformalin.


Cara mudah mengenali Ayam Tiren


Ayam tiren alias “Ayam Mati Kemaren” adalah ayam yang telah mati bahkan sebelum dijual dan dipotong, sehingga memiliki risiko penyakit yang berbahaya. Ciri-cirinya adalah:

  1. Aroma daging ayam agak amis 
  2. Daging ayam berwarna kebiruan, tidak segar, dan pucat 
  3. Potongan ayam pada bagian leher terlihat tidak lebar 
  4. Pada bagian kepala atau leher ayam terdapat bercak-bercak darah

 

Cara mudah mengenali Ayam Suntik 


Ayam suntik adalah ayam yang disuntik tambahan air pada bagian dada, paha, dan punggungnya, sehingga ayam yang kecil pun akan terlihat besar badannya. Ciri-cirinya:

  1. Bila digantung atau diangkat, daging ayam meneteskan banyak air. Sedangkan bila diletakkan, ayam akan terlihat basah dengan air yang menggenang di sekitarnya 
  2. Kulit ayam terlihat mengkilap dan tidak kesat 
  3. Daging ayam akan terasa tidak lembek dan agak kencang saat ditekan 
  4. Daging ayam akan mengeluarkan banyak air dan menyusut saat dimasak


Cara mudah mengenali Ayam Berformalin


Formalin merupakan bahan pengawet yang berbahaya dan tidak boleh digunakan dalam bahan makanan. Sayangnya, banyak pedagang yang menggunakan bahan kimia ini untuk mengawetkan dagangannya sehingga dagangan mereka tidak mudah busuk. Ayam berformalin memiliki ciri-ciri berikut ini:

  1. Daging ayam berwarna putih mengkilat dan sangat kenyal 
  2. Ayam memiliki bau khas formalin yang menyerupai bau obat 
  3. Daging ayam tidak dihinggapi oleh lalat

Resep ayam apapun yang akan Ibu gunakan pada masakan setiap hari, yang penting adalah memilih ayam yang segar dan berkualitas. Jangan sampai resep ayam andalan Ibu rusak hanya karena salah memilih ayam ya, Bu.

0 Response to "Cara mudah mengenali Ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin"

Post a Comment