Tips dan Trik memilih udang yang masih segar atau bagus

Saat ini, dipasaran banyak dijual makanan tak layak konsumsi. Hanya demi mendapatkan untung yang tak seberapa, para pedagang nakal diluar sana, rela mengakali pembeli dengan bahan makanan yang tak layak. Beberapa jenis makanan yang biasanya diakali oleh pedagang adalah daging, ayam, ikan dan udang. 

Udang menjadi salah satu makan favorit bagi penyuka seafood. Selain rasanya enak, udang mengandung zat gizi yang tinggi. Udang juga merupakan salah satu bahan masakan Indonesia yang sehat dan dapat diolah dengan berbagai cara seperti dibakar, direbus, dimasak manis, pedas, atau asam manis. Rasa udang sangatlah lezat walaupun dimasak dengan macam-macam cara. Anda dapat mencoba membuat kreasi masakan dengan bahan dasar udang seperti resep cara membuat sambal udang goreng pete yang enak. Para penggemar hidangan laut tentu akan menikmati kedua makanan tersebut.
tips memilih udang yang masih baik
Tips memilih udan, Credit by Google

Untuk memasak udang sendiri di rumah tentu harus menggunakan udang yang masih segar. Bagaimana Tips dan Trik memilih udang yang masih segar atau bagus?  Udang segar biasanya akan mengeluarkan bau yang khas dengan aroma air laut. Jika udang beraroma sangat ajam, artinya udang tersebut sudah berkurang atau bahkan hilang kesegarannya. Saat membeli udang, pilihlah udang yang bagian kepalanya masih melekat kuat. Warna kulit dari udang yang segar akan berwarna bening. 

Ciri-ciri dari udang segar adalah sebagai berikut:
  1. kulitnya masih segar dan keras;
  2. kepala masih kuat melekat pada tubuh udang;
  3. kulitnya belum berwarna merah. Setelah dimasak, barulah udang berubah warna menjadi lebih merah;
  4. tidak mengeluarkan bau busuk; dan
  5. setelah dimasak, udang yang segar rasa dagingnya agak manis.
Setelah udang dikupas, jangan lupa untuk langsung dibersihkan dan ditiriskan. Simpan udang dalam wadah tertutup dan langsung masukkan ke dalam freezer. Setelah itu, udang siap diolah sebagai bahan masakan Indonesia.
Lalu bagaimana mengkonsumsi udang yang benar? Konsumsi udang yang benar adalah udang yang segar harus segera dikonsumsi dalam waktu kurang dari 24 jam setelah ditangkap. Udang haruslah beraroma ringan (tidak tajam) dan mempunyai tekstur yang kenyal.

0 Response to "Tips dan Trik memilih udang yang masih segar atau bagus"

Post a Comment