Trik menghilangkan bau amis pada daging ikan

Ikan adalah bahan makanan yang sangat bergizi dan cocok dipadukan dengan aneka resep masakan. Kandungan Omega 3 dan mineral yang terdapat pada ikan segar sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah dan mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal. Meskipun rasanya lezat dan kaya kandungan gizi, aroma amis yang khas pada ikan seringkali membuat orang menjadi enggan untuk mengonsumsi ikan.

Bau amis pada ikan sebenarnya dapat diminimalkan dengan menggunakan beberapa bahan-bahan dapur yang sederhana. Yuk, intip trik-trik simpel tentang cara menghilangkan bau amis ikan berikut ini.

Cuci Ikan di Air Mengalir Cara yang satu ini merupakan cara yang paling simpel untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu mencuci ikan pada air yang mengalir, misalnya air keran. Cucilah hingga tekstur daging ikan jadi kesat, tidak berlendir, dan aroma amisnya mulai hilang.

Rendam Ikan dalam Air Garam dan Es Batu Bila Anda memiliki waktu yang cukup lama untuk mengolah ikan, Anda bisa merendam ikan dalam campuran air garam dan es batu selama 15 menit. Setelah 15 menit, segera bersihkan ikan di air mengalir sebanyak 2-3 kali. Maka, aroma amis pada ikan akan berkurang dan ikan siap diolah menjadi aneka resep masakan yang lezat.
cara menghilangkan bau amis pada daging ikan
fillet ikan credit by Google

Gunakan Irisan Jahe, Daun Jeruk, Asam atau Cuka Selain mencuci ikan dengan air mengalir atau merendamnya dengan air garam dan es batu, aroma amis pada ikan juga dapat dihilangkan dengan cara menambahkan irisan jahe, daun jeruk, asam atau cuka. Bumbu-bumbu dapur tersebut memiliki aroma yang kuat sehingga bisa menghilangkan aroma amis pada ikan. Untuk penggunaan cuka, Anda bisa membilas ikan yang sudah dilumuri cuka dengan air bersih yang mengalir agar aroma cuka tidak melekat kuat pada ikan yang akan Anda olah. Menghilangkan aroma amis pada ikan ternyata sangat gampang, ya.

Ikan segar yang sudah tak beraroma amis dapat segera siap diolah menjadi aneka resep masakan favorit keluarga. (baca: cara memilih daging ikan untuk membuat bakso)

0 Response to "Trik menghilangkan bau amis pada daging ikan"

Post a Comment