Mengapa kue kering membutuhkan tepung terigu Berprotein rendah?


Mengapa kue kering membutuhkan tepung terigu Berprotein rendah? - mungkin terkadang kita mempunyai fikiran atau sekilas pertanyaan mengapa kue kering membutuhkan tepung terigu yang berprotein rendah? Aneka kue kering biasanya membutuhkan tepung terigu protein rendah sebagai bahan dasar. Jika kalian  menggunakan tepung terigu yang berprotein tinggi, kemungkinan besar kue kering yang kalian  buat akan gagal. Mengapa kue kering butuh tepung terigu protein rendah?

cara memilih tepung terigu
tepung terigu credit by google

Mengenal Kandungan Protein pada Tepung Terigu

Kandungan protein pada tepung terigu dikenal dengan sebutan gluten. Gluten tersebut merupakan jenis protein yang tidak dapat larut dalam air. Salah satu sifat khas gluten adalah teksturnya yang kenyal dan elastis.

Oleh sebab itu, semakin tinggi kandungan gluten pada tepung terigu maka akan semakin kenyal pula adonan yang dihasilkan. Di pasaran terdapat 3 jenis tepung terigu berdasarkan kadar proteinnya, yaitu tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah.

Itulah sebabnya mengapa tepung terigu protein tinggi dibutuhkan untuk membuat adonan mie atau kulit martabak telur. Supaya adonan yang dihasilkan menjadi lebih kenyal, elastis, dan tidak mudah putus.

Tentang Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah memiliki kadar protein kurang dari 11 persen. Sehingga penggunaan tepung terigu protein rendah tidak akan membuat adonan kue kering menjadi elastis. Rendahnya kandungan gluten pada jenis tepung terigu ini membuat daya serap air adonan pun jadi rendah. Hasilnya, adonan yang tidak mengandung banyak air akan menjadi lebih renyah dan tahan lama saat disimpan.

Tepung Terigu Protein Rendah Tak Hanya untuk Kue Kering

Selain cocok untuk aneka adonan kue kering, ternyata tepung terigu protein rendah juga cocok untuk membuat biskuit, aneka gorengan dan kulit lumpia. Untuk pembuatan cake dan jenis kue lainnya yang tidak terlalu membutuhkan tekstur adonan mengembang, tepung terigu protein rendah bisa dicampurkan dengan tepung terigu protein sedang.

Ibu tak perlu khawatir kue kering akan menjadi keras jika menggunakan tepung terigu protein rendah. Karena tekstur kue kering akan tetap lembut dengan penambahan bahan lainnya seperti margarin Blue Band Cake and Cookie dan telur. Jadi, kreasi kue kering apa yang akan Ibu buat dengan tepung terigu protein rendah dan margarin Blue Band Cake and Cookie hari ini?

0 Response to "Mengapa kue kering membutuhkan tepung terigu Berprotein rendah?"

Post a Comment