Memilih ikan yang masih segar itu mudah lho

Resep masakan yang berbahan dasar ikan biasanya relatif mudah diolah dan bahan bakunya mudah diperoleh, baik di supermarket maupun pasar tradisional. Membuat aneka resep masakan dengan bahan dasar ikan segar akan membuat masakan jadi semakin lezat dan bergizi.

Bila selama ini Anda sering merasa kesulitan saat memilih ikan segar, trik memilih ikan yang masih segar  berikut ini akan membantu Anda untuk memilih ikan segar yang berkualitas. Mata Jernih Salah satu hal yang mengindikasikan bahwa ikan masih dalam keadaan segar adalah mata yang jernih.
cara memilih ikan yang masih segar
Ikan segar Credit by Google

Ikan yang matanya masih jernih biasanya baru saja ditangkap oleh nelayan sehingga belum melalui proses pembekuan dalam waktu yang lama. Insang Berwarna Kemerahan Ikan segar yang baru ditangkap juga biasanya memiliki warna insang yang kemerahan dengan sedikit bercak darah segar. Jadi, selalu pastikan untuk memeriksa apakah bagian insang ikan masih dalam keadaan segar atau sudah berwarna pucat, ya.

Tampilan Fisik yang Segar Tampilan fisik ikan yang segar biasanya berwarna cerah dengan kulit yang berkilauan. Bila ikan yang Anda pilih adalah jenis ikan yang bersisik, maka sisik ikan segar biasanya masih melekat kuat dan tak mudah rontok saat dipegang.

Tekstur yang Kenyal Ikan segar yang siap diolah menjadi aneka resep masakan biasanya memiliki tekstur daging yang kenyal. Anda bisa memencet tubuh ikan ketika sedang memilih. Daging ikan segar biasanya terasa kenyal dan mudah kembali ke bentuk semula saat ditekan-tekan. Sedangkan ikan yang dagingnya sudah lembek biasanya kurang segar dan sudah melalui proses pembekuan dalam waktu yang lama.

Aroma Amis yang Khas Ikan memang merupakan hidangan laut yang beraroma amis. Namun, ikan segar memiliki aroma amis yang khas dan tidak menusuk. Sementara ikan yang sudah kurang segar biasanya menyebarkan aroma yang sangat menusuk dan tak sedap. Ikan yang aromanya kurang sedap akan mempengaruhi aroma dari resep masakan buatan Anda. (baca : Cara membuat gurame asam manis yang lezat )

Dengan mempelajari tips ini, berarti Anda sudah mempelajari cara memilih ikan segar yang berkualitas. Tak sulit kan untuk memilih ikan segar, karena Anda hanya butuh sedikit ketelitian saat membeli ikan di pasar atau supermarket. Yuk, langsung praktikkan tips di atas

0 Response to "Memilih ikan yang masih segar itu mudah lho"

Post a Comment