Kesalahan yang dilakukan ketika memotong sayuran

Kesalahan yang dilakukan ketika memotong sayuran | Maniak-Makan - Anda mungkin sudah terbiasa memotong sayuran setiap hari, tapi apakah Anda sudah melakukannya dengan benar dan cukup aman? Memotong sayuran memang terlihat mudah dilakukan, namun masih banyak yang melakukan beberapa kesalahan.
cara memotong sayuran yang baik dan benar
Tips memotong sayuran Credit by Google

Dan memasuki hari kerja pertama setelah libur panjang, admin blog maniak makan akan memberikan sedikit tips memotong sayur yang baik agar sayuran yang dipotong memilih tampilan yang lebih seragam.


Kesalahan yang dilakukan ketika memotong sayuran


Salah dalam memilih pisau


Kebanyakan orang tak peduli apakah pisaunya tajam atau tumpul. Memang pisau yang tumpul bisa berbahaya dan agak menghambat untuk memotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Untuk memotong sayuran, gunakan pisau yang ringan namun tajam.

Gunakan pisau yang terbuat dari bahan stainless steel dan berkarbon sehingga tahan karat. Agar pegangannya tidak mudah longgar, pilihlah pisau dengan sedikit lengkung dengan paku di ketiga titik. Agar pisau tetap tajam, gunakan bagian tengah dan langsung lap kering setiap kali terkena noda yang basah.

Menggunakan talenan yang salah 


Pilih talenan yang terbuat dari kayu atau plastik. Talenan yang terbuat dari bahan kaca dan bambu terlalu keras dan bisa menumpulkan pisau Anda dan menyebabkan pisau tergelincir. Talenan harus diletakkan pada posisi yang aman di atas meja dapur. Jika permukaannya sudah melengkung, sudah saatnya untuk membuangnya. Agar talenan tak bergerak saat Anda memotong, taruh kain basah di bawahnya.

Tidak membuat permukaan datar pada sayuran


Memotong bawang, mentimun atau kentang memiliki risiko tergelincir karena bentuknya yang bulat. Untuk menjaga sayuran atau bumbu bulat semacam itu, pastikan stabil di atas talenan. Sebaiknya, potong bagian tengah sayuran terlebih dahulu, lalu tempatkan bagian yang datar di bawah dan mulai memotong-motongnya.

Gagal memotong dengan ukuran yang sama


Ukuran sayuran yang sama membuat masakan matang secara bersamaan. Tapi tak semua orang bisa membuat semua bagian sama ukurannya. Jika Anda memotong dengan ukuran yang sebagian besar dan sebagian kecil saat ingin menumis, potongan berukuran kecil akan lebih cepat gosong sementara yang besar belum matang. Untuk mengatasinya, mulailah dengan membuat pemotongan vertikal dan horizontal yang berlebar sama, dan kemudian potong secara melintang.

Tidak melindungi kuku


Jangan mengekspos kuku Anda di jari yang sedang memegang sayuran karena bisa terpotong. Sebaiknya usahakan agar ujung sayuran masih lebih panjang dari kuku Anda dengan cara sedikit menekuk jemari Anda.

Dengan tidak melakukan 5 kesalahan dalam memotong sayuran ini, dijamin masakan Anda akan lebih rapi, matang secara merata dan jari Anda pun tetap aman. 

Sekarang saatnya kalian mempraktekannya didapur tercinta dan memasak makanan favorit keluarga kalian. atau bisa juga melihat resep tahu kukus kembang sosis atau ayam bekakak bumbu bali sebagai referensi masakan kalian hari ini.

salam admin and happy cooking

0 Response to "Kesalahan yang dilakukan ketika memotong sayuran"

Post a Comment